Minggu, 19 Maret 2017

Cara Menggugurkan Kandungan Yang Sesuai Prosedur

Ulasan ini bersifat untuk memberikan informasi saja. Menggugurkan kandungan sering dikenal dengan istilah aborsi. Aborsi sendiri adalah tindakan yang dilakukan oleh seseorang ibu hamil yang bertujuan untuk mengakhiri hidup dari janin yang ada di dalam rahimnya. Sering juga dikatakan sebagai tindakan mengakhiri kehamilan. Bukan hanya istilahnya saja, cara menggugurkan kandungan yang bisa dilakukan juga berbeda-beda. Walaupun begitu, secara umum tindakan aborsi ini dilarang karena berarti membunuh janin yang ada di dalam kandungan kecuali jika kondisinya mengancam keselamatan si ibu.

 Cara Menggugurkan Kandungan

Cara Menggugurkan Kandungan Tergantung Usia Kehamilan
Berbagai macam cara menggugurkan kandungan biasanya tergantung pada usia janin dan kesehatan si ibu. Pada kasus tertentu juga, aborsi benar-benar sulit dan operasi tidak bisa dihindari lagi. Dokter yang menangani kasus ini akan melakukannya dengan sangat hati-hati dan pastinya dilakukan sesuai prosedur. Artinya, tindakan menggugurkan kandungan ini adalah opsi terakhir jika kondisinya mengharuskan dilakukan pengguguran karena jika tidak keselamatan si ibu terancam.
Pengguguran kandungan yang dilakukan oleh tenaga medis bisa dengan beberapa metode yang semuanya sudah sesuai dengan prosedur. Secara umum, cara menggugurkan kandungan dilakukan dengan mengonsumsi jenis obat tertentu yang akan membantu proses pengguguran. Obat ini bisa berupa obat herbal atau obat yang mengandung bahan kimia. Obat ini tidak akan digunakan oleh dokter kecuali segala tindakan sudah dilakukan dan nyawa si ibu terancam jika tidak dilakukan proses pengguguran.

Dokter juga akan menanyakan kepada si ibu termasuk keluarga dan agar menandatangani surat yang berisi tindakan pengguguran sudah disetujui oleh pihak keluarga. Proses pengguguran ini juga bisa dilakukan dengan cara operasi yakni mengeluarkan janin dari dalam tubuh. Biasanya, tindakan operasi ini dilakukan ketika janin sudah meninggal di dalam rahim dan tidak bisa dikeluarkan dengan cara lain.

Tindakan aborsi atau menggugukan kandungan memang tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Bahkan, beberapa dokter mungkin akan meyakinkan si ibu dengan kondisi kehamilannya yang mengharuskan dilakukannya tindakan pengguguran. Artinya, emosi si ibu harus tetap dijaga dan agar sadar dengan betul tentang apa yang akan dilakukan oleh dokter. Dengan begitu, si ibu memahami semua resiko dan konsekuensinya. Tindakan pengguguran kandungan memang sangat berat karena berhubungan dengan nyawa seorang manusia baik itu nyawa si ibu maupun si janin.

Oleh sebab itu, jika dilakukan secara sembarangan, sangat fatal akibatnya. Jika tidak mengetahui dengan benar tentang pengguguran yang disengaja ini, disarankan untuk bertanya kepada ahlinya baik mereka yang ahli agama maupun ahli kesehatan termasuk juga ahli hukum karena cara menggugurkan kandungan yang ilegal bertentangan dengan hukum di tanah air. Namun, biasanya cukup hanya dengan ahli agama dan ahli kesehatan saja untuk memastikan proses pengguguran tidak melanggar aturan agama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar